Senin, 16 Januari 2017

Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli

KATA PENGANTAR

          Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melimpahkan nikmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal mengenai”Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli.
       Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan Diploma III di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Imelda Medan.
         Dalam pembuatan proposal ini,penulis menyadari bahwa dalam proses pembuatannya tidak lepas dari peranan dan bantuan berbagai pihak.
          Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
  1. Bapak M.J.P Sagala, SH, MH selaku dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan yang telah memberikan pengarahan, saran dan petunjuk dalam pembuatan proposal ini.
  2. Orang tua yang selalu mendoakan dan memberikan dan memberiku dukungan selama ini.
  3. Dan  juga teman - teman yang telah memberikan semangat dan bantuannya 
         Saya berharap semoga Proposal ini dapat bermanfaat bagi kita teman sejawat Mahasiswa AMIK Imelda Medan dan juga dapat diketahui oleh masyarakat luas.





Penulis,


Efrina Siahaan




                                                DAFTAR ISI
HALAMAN  JUDUL..................................................................................................
KATA PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI               ................................................................................................                 
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................
1.1  Latar Belakang Masalah ................................................................................
1.1.1        Visi....................................................................................................
1.1.2        Misi....................................................................................................
1.2  Tujuan............................................................................................................
1.3  Profil Usaha ..................................................................................................
BAB II  PRODUK.......................................................................................................
         2.1  Macam Produk.....................................................................................                           
         2.2  Bahan dan Alat...................................................................................................................    
         2.3  Cara atau Proses Pembuatan Produk............................................................................................ 

BAB III PEMASARAN..........................................................................................................        
 3.1     Strategi Pemasaran..................................................................................................................... 
 3.2     Analisis SWOT.............................................................................................................................. 
 3.3     Struktur Organisasi..........................................................................................................

BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN...........................................................................
 4.1    Modal................................................................................................................      
 4.2     Perhitungan Keuntungan.................................................................................  

 BAB V PENUTUP...............................................................................................................
  5.1    Kesimpulan.....................................................................................................       
  5.2    Saran.................................................................................................................          





BAB I
PENDAHULUAN
                                                      
1.1            Latar Belakang Masalah
            Banyak sekali menu masakan yang berbahan dasar ikan, salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini yaitu resep arsik. Bagi anda yang jauh dari daerah Tapanuli mungkin akan sedikit asing dengan masakan yang satu ini. Namun sebentar lagi anda tidak akan merasa asing lagi dengan masakan yang satu ini, bahkan mungkin saja bisa menyediakan menu masakan tersebut di meja makan keluarga anda.
            Arsik merupakan salah satu dari sekian banyak menu masakan ikan khas yang berasal dari daerah Tapanuli Sumatera Utara. Masakan ini termasuk masakan yang sangat populer, bahkan banyak juga orang yang menyebut arsik sebagai ikan mas bumbu kuning. Untuk membuat arsik yang original memang selalu menggunakan ikan mas, bukan ikan yang lain. Namun kini banyak variasi yang tentunya menggunakan jenis ikan lain selain ikan mas, misalnya ikan kakap dan sebagainya. Sebelum dimasak atau pada proses penyiapannya ikan mas yang akan dibuat arsik tidak dibuang sisiknya.
Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat arsik juga sangat khas, beberapa bumbu sangat istimewa karena mengandung beberapa komponen khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, misalnya andaliman serta asam cikala atau buah kecombrang, selain itu bumbu arsik menggunakan rempah-rempah layaknya masakan tradisional Nusantara lainnya seperti lengkuas dan serai
 

         1.1.1.  Visi
            Menjadikan Ikan Mas Arsik tidak hanya terkenal di Tapanuli tetapi  juga di luar Kota dan dapat di nikmati oleh semua kalangan.

1.1.2      Misi
- Proses Produksi yang higenis                                                                                         
- Menjaga citra rasa makanan                                                                                                    
- Memberikan kepuasan kepada konsumen yang menikmatinya                                              
- Menciptakan lapangan kerja dan usaha yang baik                                                                  
- Memperkenalkan Makanan khas daerah Tapanuli kepada masyarakat

1.1.3    Tujuan                                                                                                             
            Selain Memperkenalkan Ikan Mas Arsik di daerah Medan juga dapat memberikan lowongan pekerjaan bagi sebagian yang tidak punya pekerjaan. Ikan Mas Arsik sangat populer di Tapanuli dan di harapkan di daerah Medan juga demikian dapat mencapai target yang di inginkan.Karena semua kalangan dapat menikmatinya mulai dari anak-anak sampai orang tua.



1.2    Profil Usaha

  Menjelaskan tentang:
1.      Jenis Usaha   : Ikan Mas yang dibuat dari berbagai bumbu alami.                                        
2.      Nama Perusahaan  : IKAN MAS ARSIK KHAS TAPANULI
3.      Nama pemilik  : Elfrina Siahaan
4.      Lokasi                : Jl.Bilal no 24 Medan Timur
5.      Telepon             : 085358817113



BAB III
PRODUK

2.1  Jenis Produk                                                                                                                         
         Dari usaha ini jenis produk utamanya adalah Ikan Mas.

2.2  Bahan / Alat Produk
       Bahan yang digunakan dalam pembuatan Ikan Mas Arsik adalah sbb;
  • 30 ekor ikan mas
  • 10 ikat kacang
  • 1 kg andaliman
  • 4 kg bawang merah
  • 3 kg cabe merah
  • 10 lembar daun kunyit
  • 1 kg cabe rawit
  • 5 buah bunga kecombrang
  • 7 buah asam cikala
  • 20 buah daun jeruk
  • 1 kg buah kemiri
  • Garam secukupnya
  • Kuali berukuran besar
  • Lada halus secukupnya
  • Plastik kaca sebagai  penutup
  • Kompor gas 

2.3.  Cara atau proses pembuatan Ikan Mas


Cara membersihakan Ikan Mas sebelum di masak: 

Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memasukan ikan mas pada wadah dan segera ambil ikan ke tempat cucian.
1.        Lalu kita bersihkan terlebih dahulu ikan dengan air bersih dan kita bersihkan pula sisik dan insang ikan hingga bersih.
2.        Untuk membersihkan sisik ikan anda bisa melakukannya dengan menggunakan sendok dan menyisik ikan dengan arah berlawan dengan sisik ikan. Sementara untuk insang silahkan bersihkan insang ikan dengan menggunakan tangan dan buang insangnya.
3.        Setelah ikan dibersihkan, tiriskan airnya dan ambil ikan ke tempat yang bersih dengan dialasi menggunakan daun pisang atau alas yang bersih.
4.        Lalu berikan perasan jeruk nipis dan garam dan lumuri semua bagian ikan secara merata secara keseluruhan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap.



Cara memasak Ikan Mas Arsik:
 
1.        Pertama kita awali dengan menghaluskan bumbu dengan menggunakan ulekan bumbu tersebut diantaranya adalah cabai merah, garam, dan berikan perasan air jeruk nipis. Ulek jangan terlalu halus namun tidak terlalu kasar.
2.        Setelah diulek, masukkan pula bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman dan kunyit hingga halus.
3.        Setelah semua bumbu dihaluskan, berikan sedikit air dan aduk-aduk secara merata.
4.        Setelah itu masukkan bumbu halus ini pada ikan termasuk kedalam perut ikan yang bagian bawahnya telah disayat. Pastikan semua bumbu dilumuri pada badan dan bagian permukaan ikan secara merata.
5.        Masukkan juga semua bahan sisa diatas bagian permukaan ikan secara merata seperti bawang medan, onje, serai, daun kunyit dan lengkuas.
6.        Selanjutnya, siapkan panci dan masukkan kacang panjang sebagai dasar, lalu masukkan semua bumbu yang kita lumuri pada ikan.
7.        Lalu masukkan ikan beserta bumbu-bumbunya kedalam panci yang telah kita siapkan. Berikan air secukupnya dan masak ikan hingga matang.
8.        Berikan garam dan bumbu lalu masak hingga kuah mengental dan matang. Tambahkan daun jeruk dan cabai rawit dan masak hingga layu dan matang.
Setelah matang, angkat dan sajikan kuntuk keluarga tercinta. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dan lebih mantap apabila disantap selagi masih hangat bertemankan dengan nasi hangat yang lezat.


BAB III
 PEMASARAN
3.1  Strategi Pemasaran
        a.  Target Pasar 
              Target Produk ini  adalah bisa di jangkau leh semua kalangan,karena selain harganya yang murah,ikan mas ini juga baik untuk kesehatan.

          b.  Aspek Pemasaran dan Penawaran
               Pemasaran yang dilakukan oleh usaha ini menggunakan sosial media untuk media promosi seperti  facebook,e-comerce,instagram,dll. Hal ini dilakukan karena sudah semakin banyak orang yang menggunakan media elektronik.  Selain itu pemasaran juga dilakukan melalui kerja sama dengan langganan membeli untuk dipasarkan kembali di tempat lain.

Sarana yang digunakan untuk pemasaran adalah:
1.      Transportasi(Yang Bisa langsung mengantar ke tempat tujuan)
2.      Rumah makan
Penawaran yang dilakukan usaha adalah membuat spanduk di depan rumah makan,supaya setiap orang yang mengomsumsinya dapat menceritakan kepada orang lain bahwa konsumen pernah makan di “Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli”
Konsumen juga dapat memesan dengan pesanan lewat Via telepon.
 
3.2   Analisis SWOT
     a)  Strenght (Kekuatan)
  • Kebersihan masakan  terjamin,
  • Produk tidak menggunakan bahan Pengawet/Zat Kimia yang membahayakan konsumen,
  • Harga Produk Ekonomis dan terjangkau,
  • Produk yang ditawarkan adalah kuliner Indonesia.
    b)  Weakness (Kelemahan)
  • Produk tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet
           c)  Opportunity (Peluang) 
  • Banyak penjual lain yang secara curang dalam berjualan dan memproduksinya,tetapi usaha kami ini sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet dan Ikan Mas yang di masak masih segar dan bumbu yang di racik juga masih bumbu yang utuh dalam arti tidak bumbu siap saji.
           d)  Threat (Hambatan)
  • Makanan yang ditawarkan adalah Makanan Tradisional Tapanuli, bisa saja Kalah dengan banyaknya kuliner yang berbau resp luar negeri. 
  • Masih belum banyaknya orang  yang mengenal Ikan Mas Arsik di masyarakat perkotaan. Mungkin untuk awal mulanya akan masih sedikit orang yang datang.

3.3  Struktur Organisasi
No
Nama
Jabatan
Tugas
1
Elrina Siahaan
Pemilik Usaha
Monitoring dan Evaluasi
Mengatur Kegitan
Menyusun perencanaan
2
Sarma Deva
Sekretaris
Menulis Semua inventaris
Membuat laporan setiap bulannya
3
Nurhatimah
Bendahara
Sebagai Kasir
Mencatat semua transaksi keuangan
4
Ryan Gea
Manajer Produksi
Mengatur meja makan dan kursi
Menyiapkan menu makanan
5
Sahira rambe
Manajer Pemasaran
Menjalin kerjasama bisnis
Bertugas memasarkan/mempromosikan hasil Usaha
 

BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
4.1  MODAL
Biaya Produksi
Biaya produksi merupakan semua biaya yang dikeluarkan untuk biaya sewa rumah makan, pembelian ikan,sayur dan bumbu,  peralatan rumah makan,kendaraan dan lainnya.  Biayanya adalah sbb:
1.       Biaya Sarana Produksi
Sewa rumah makan pertahun adalah Rp 6.000.000,-

2.      Biaya Prasarana Produksi
No
Nama
Jumlah
Harga Satuan
Harga Total
1
Kursi dan Meja
20
200.000
4.000.000
2
Piring Besar
100
  10.000
1.000.000
3
Piring Kecil
200
     5000
1.000.000
4
Mangkuk kecil
50
     4000
    200.000
5
Piring Hidangan
100
  15.000
1.500.000 
6
Kuali besar
3
 100.000
    300.000 
7
Sendok
3
   20.000
      60.000
8
Sepeda Motor
1
20.000.000
20.000.000
9
Total


Rp 28.060.000,-

3.       Biaya Bahan Produksi
No
Nama
Jumlah(kg)
Harga(kg)
Harga total
1
Ikan Mas
20
40.000
800.000
2
Kunyit
5
10.000
50.000
3
Kacang Panjang
10
5.000
50.000
4
Kemiri
10
10.000
100.000
5
Asam
5
4000
20.000
6
Cabe rawit
10
20.000
200.000
7
Cabe merah
20
25.000
500.000
8
Bawang batak
10
8000
80.000
9
Garam
20 bgkus
1000
20.000
10
Beras
10 karung
300.000
3.000.000

Total


Rp 4.820.000

 2.Gaji Pegawai                                                                                                                                   Makanan “Ikan Mas arsik Khas Tapanuli”membutuhkan 10 tenaga kerja yang bertugas sbb;
·         3 Orang bertugas mengatur pemasukan dan pengeluaran biaya
·         4 orang bertugas untuk memasak
·         2 orang sebagai pelayan pengantar pesanan
·         1 orang bertugas untuk mengantar pesanan lewat via telepon
Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah minimal tamatan SMP jujur,ramah dan dapat bekerja dengan baik.
10  Orang x 1.300.000,-= Rp  13.000.000
v  Total Biaya diam
Biaya diam yang dimaksud adalah biaya yang hanya sekali dikeluarkan, biaya ini meliputi sewa bangunan dan biaya prasarana produksi dan termasuk pembelian peralatan.Total biaya nya adalah Rp 6.000.000 + Rp 28.060.000=Rp 34.060.000,-

v  Total Biaya Bulanan
Adalah biaya yang dikeluarkan setiap bulannya yang meliputi biaya bahan produksi dan gaji pegawai.
Bahan : Rp  4.820.000,-/hari x 30 hari = Rp 144.600.000,-                            Gaji     : 10 orang x 1.300.000,- = Rp 13.000.000,-                                                          Total Biaya Bulanan= Rp 144.600.000,-+Rp 13.000.000,- =Rp 157.600.000,-
v  Kapasitas Produksi
Target Penjualan Ikan Mas arsik per porsiny adalah Rp 20.000,-, Sedangkan pemesanan via telp seharga Rp  30.000,-porsi.
Ø  Pendapatan Perhari
No
Nama
Jumlah/porsi
Harga
Total
1
Penjualan diam
200
Rp 20.000,-
4.000.000
2
Penjualan bergerak
100
Rp 30.000,-
3.000.000

Total


Rp  7.000.000,-

    4.2 PERHITUNGAN KEUNTUNGAN

§  Pendapatan Kotor                                                                                                                    
    Perbulan   =   Pendapatan perharix 30
               =  Rp 7.000.000,- x 30 hari                                                                                                 
                =  Rp 210.000.000,-
§  Pendapatan Bersih
                           Pendapatan = Pendapatan perbulan – total biaya bulanan                                                                    = Rp 210.000.000,- - Rp  157.600.000                                                                                                     = Rp 52.400.000,-


   



BAB V
                                              PENUTUP


1.1         Kesimpulan
Semoga dengan adanya proposal ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan juga ada semangat untuk berbisnis terutama pada generasi muda agar lebih berpikir kreatif dan positif. Sehingga,ada semangat untuk berwirausaha dan jiwa bisnis yang vdapat menciptakan lapangan pekerjaan  dan mengurangi manusia pengangguran .

5.  Saran                                                                                                                                                Saran saya adalah jika membuat usaha haruslah dibuat dengan sungguh-sungguh dan   semangat kerja juga mempunyai kemauan yang tinggi. Agar kelak tidak lagi hidup sengsara di kemudian hari.
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar